Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat

14245943741634399205
hanya ilustrasi malaikat. Sumber gambar : menujuhitam.blogspot.com
Barangsiapa dia mengaku beriman maka harus percaya adanya Malaikat. Malaikat mempunyai tugas untuk kepentingan manusia, setiap malaikat mempunyai tugas yang berbeda-beda. Ada Malaikat yang bertugas meniupkan ruh, memelihara manusia, menyampaikan wahyu, mengawasi dan mencatat amal baik dan buruk manusia, serta ada pula malaikat yang bertugas mencabut nyawa manusia atas perintah Allah SWT.
Hubungan manusia dengan malaikat sangat erat. Mereka mengawasi dan memberikan perhatian kepada manusia ketika diciptakan, memelihara ketika dilahirkan, mengawasi gerak-gerik dan amal perbuatan manusia, serta mengambil ruh ketika ajal datang. Malaikat pula yang bertugas membawa wahyu dari Allah kepada manusia.
Kepada orang beriman Malaikat mempunyai tugas khusus, yaitu :
a. Memberikan kecintaan kepada orang-orang yang beriman.
b. Meluruskan jalan kehidupan orang-orang yang beriman. Membacakan shalawat kepada orang yang telah berbuat kebaikan.
c. Mengamini doa-doa orang beriman.
d. Membacakan Istigfar atau permohonan ampun bagi orang-orang yang beriman.
dan lain sebagainya.
Yang dimaksud Rumah yang tidak dimasuki malaikat disini adalah rumah yang tidak akan dimasuki oleh Malaikat pembawa rahmat dari Allah.
Adapun Rumah yang tidak dimasuki Malaikat adalah :
1. Rumah  orang yang memutuskan hubungan silaturahmi, karena Allah akan selalu menyambungkan silaturahmi orang yang menyambung silaturahmi. Menjalin tali silaturahmi dan persatuan antarmuslim merupakan salah satu dasar tegaknya Islam.  Jika kita mengharap malaikat memasuki rumah kita hendaklah menyambungkan tali silaturahmi dengan orang yang memutuskannya.
2. Rumah orang yang mendurhakai orang tua, karena kita harus berbuat baik dan bakti kepada orang tua. Durhaka terhadap orang tua adalah termasuk dosa besar. Mendurhakai orang tua  adalah orang yang tidak rela atau tidak mau menerima pemberian yang telah ditentukan oleh kedua orang tuanya, jika diperintahkan untuk mengerjakan sesuatu tidak mau mengerjakannya, tidak memberikan sesuatu yang diminta orang tuanya, serta orang menghianati amanat yang telah diberikan orang tua kepadanya, sepanjang tidak hal-hal yang dilarang Allah SWT.
3. Rumah orang yang memakan harta anak yatim. Untuk itu jika merasa tidak mampu sebaiknya kita tidak menerima tawaran untuk mengurusi dan menguasai harta anak yatim bila kita tidak mampu melakukannya. Justru kita menjadi penjamin kehidupan mereka dan memberikannya pendidikan yang baik hanya semata mengharap kerindhaab Allah SWT.
4. Rumah orang yang memakan harta riba, kareana harta yang halal terdapat keberkahan dan jaminan dari keharaman. Riba akan menyebabkan kefakiran, kesengsaraan, dan kehancuran di dunia, serta penyesalan dan kehinaan di akherat kelak.
5. Rumah Yang di dalamnya terdapat anjing.  Kita dilarang memelihara anjing untuk kebersihan dan bahaya dari anjing, maka kita dilarang memelihara anjing kecuali untuk menjaga keamana pertanian, jadi bukan di dalam rumah. Malaikat rahmat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, dan pahala pemilik anjing akan bekurang. Tubuh anjing  menempel najis, dan diserupai setan. Dan uang hasil jual beli anjing juga diharamkan karena jual belinya tidak sah.
Demikian sebagian rumah yang tidak dimasuki malaikat yang dapat saya sampaikan, masih ada banyak lagi rumah yang tidak dimasuki malaikat Insyallah akan saya sampaikan pada tulisan yang akan datang.
Terima kasih semoga bermanfaat.
Kudus, 22 Pebruari 2015
’salam hangat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenang Menara Tetap Setegar Menara Kudus dalam Menghadapi Pandemi

Sidomukti' Istana terakhir Sang Mandor Klungsu / Joko Pring / RMP. Sosrokartono

Misteri Arah Rumah Kontrakan Kami